Wednesday, October 14, 2015

Server lemot, BKN keluarkan jadwal input data ke e-PUPNS - Trafik overload - Ilustrasi
(Foto: Istime
Program Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil dengan sistem elektronik (e-PUPNS) membuat sejumlah pegawai negeri khawatir. Pasalnya, sejak diluncurkan 1 September lalu server yang lemot membuat ratusan ribu PNS gagal memasukkan data mereka.
Sejumlah keluhan pun bertebaran di media sosial mengenai susahnya memasukkan data mereka ke server e-PUPNS. “Pelaksanaan e-PUPNS perlu dikaji lagi oleh pembuat kebijakan, sangat menyita waktu bagi PNS akibat server tidak memadai, sehingga banyak pekerjaan lain yang tidak terselaikan,” keluh Azharman, yang bekerja di Pemprov Jambi.
“Sebelum meluncurkan portal PUPNS harusnya dicek dulu kapasitas servernya kami para pegawai merasa dirugikan pasalnya jaringan PUPNS tidak dapat diakses dengan cepat dan lemotnya bukan main dan beberapa kali diinput tidak bisa disimpan kembali lagi ke login,,klo begini kapan kami bisa bekerja.trims.!,” kata Rai Sujana, Staf Bagian Kepegawaian di Pemprov Bali.
Menanggapi hal ini, Badan Kepegawain Negara (BKN) mencari jalan keluar dengan menetapkan jadwal masing-masing per wilayah untuk mengakses server e-PUPNS. Kepala Biro Hubungan Masyarakata BKN, Tumpak Hutabarat mengatakan, kondisi server PUPNS tak mampu menampung overload traffik pengunjung.
“Usulan untuk penjadwalan PUPNS tersebut berdasarkan usulan PNS akibat sulit server PUPNS diakses dan direspon positif oleh Satgas PUPNS. Team Satgas PUPNS BKN telah membuat Jadwal PUPNS per wilayah,” kata Tumpak saat dihubungi di Jakarta, Selasa (13/10/2015).
Wakil Ketua Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria meminta Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memberikan kemudahan bagi PNS terkait registrasi dengan menggunakan sistem Pendataan Ulang PNS (e-PUPNS). Pasalnya, saat ini banyak PNS mulai resah terhadap e-PUPNS lantaran sering mengalami gangguan jaringan internet pada server.
“Harus dipermudah, agar PNS tidak resah dalam belakangan ini,” ujar Riza saat dihubungi Licom, Jakarta.
Berikut Jadwal Akese E-PUPNS Berdasarkan Wilayah:
KELOMPOK I : (Senin, Kamis dan Minggu )
Instansi Pusat,
Kanreg I BKN Yogyakarta
Kanreg IX BKN Jayapura
KELOMPOK II : (Selasa, Jumat dan Minggu)
Kanreg II BKN Surabaya
Kanreg III BKN Bandung
Kanreg IV BKN Makassar
Kanreg VII BKN Palembang

KELOMPOK III : (Rabu, Sabtu dan Minggu )

Kanreg V BKN Jakarta
Kanreg VI BKN Medan
Kanreg VIII BKN Banjarmasin
Kanreg X BKN Denpasar
Kanreg XI BKN Manado
Kanreg XII BKN Pekanbaru
Kanreg XIII BKN Aceh
Kanreg XIV BKN Manokwari
Catatan :
1. Penjadwalan hanya untuk menu login PUPNS
2. Menu register dan admin tak diberlakukan penjadwalan
3. Waktu penjadwalan dimulai pukul 06.00-02.00 WIB setiap harinya. Penjadwalan tak diberlakukan setelah jam tersebut
4. Batas waktu penjadwalan menunggu pengumuman lebih lanjut.

0 comments:

Post a Comment