Tuesday, May 5, 2015

Sebelum kita membahas mengenai bisnis online alangkah baiknya terlebih dahulu kita akan membahas pengertian dari Bisnis Online itu sendiri. Ok kita langsung saja, Bisnis Online terdiri dari 2 suku kata yaitu Bisnis dan Online. Bisnis merupakan sebuah usaha atau bisa juga kita disebut dengan aktivitas yang dilakukan baik secara individu maupun oleh kelompok, yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan melalui cara membuat produk atau bisa juga berupa jasa yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan - kebutuhan di pasar. Sedangkan Pengertian Online itu sendiri merupakan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas berselancar didunia maya atau Internet.

Jadi sekarang kita bisa menyimpulkan Pengertian dari Bisnis Online itu sendiri adalah suatu aktifitas atau kegiatan yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan media internet untuk bisa mendapatkan keuntungan atau dengan kata lain mendapatkan uang. Sama halnya seperti sebuah kegiatan bisnis di dalam kehidupan nyata, tujuan dari bisnis online itu sendiri sama yaitu untuk bisa mendapatkan suatu keuntungan.






Menurut wikipedia.org, Bisnis online dikenal sebagai Perdagangan elektronik. “Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis”. 


Seiring dengan tumbuh serta berkembangnya pengguna internet baik di Indonesia maupun di manca negara dan juga diiringi dengan pertumbuhan perekonomian dewasa ini, Pertumbuhan bisnis baik di Indonesia atau dibelahan dunia ini juga mengalami banyak peningkatan yang boleh dikatakan sangat pesat, utamanya perkembangan dalam bisnis online nya. sebenarnya perkembangan tersebut tidak hanya didunia bisnis TI atau teknologi informasi dimana sarana atau media informasi yang pada jaman dahulu hanya dilakukan dengan menggunakan media koran konvensional tetapi sekarang kita bisa menikmatinya dengan adanya koran online,  misalnya situs: Kompas.com, Tempo.co, Republika.co.id, Detik.com, TribunNews.com dan banyak lagi yang lainnya, hal ini juga diikuti oleh perkembangan eCommerce atau bisnis online dan juga perkembangan dari bisnis offline yang akan mengarah ke online.

Anda mungkin sudah sering menjumpai banyak dari bisnis offline yang kemudian dipublikasikan dengan media online supaya dapat meningkatkan nilai penjualan atau bisa juga untuk membuat brand supaya lebih terkenal lagi. Seseorang yang mempunyai akses internet dan juga mempunyai produk barang atau jasa yang ingin dipasarkan atau dipublikasikan secara online bisa melakukan bisnis online. Target pasar untuk bisnis online sendiri tidak terbatas karena kita dapat mempublikasikan serta menjual hasil produksi kita dari mana dan kemana saja, dan juga bisa ke pasar lokal maupun ke pasar internasional.


Saya yakin untuk mengawali sebuah bisnis online akan banyak sekali keraguan yang muncul, dan akan banyak pertanyaan - pertanyaan di dalam diri kita misanya :


  

  • Bisa nggak ya saya melakukan dan menjalankan bisnis online ?
  • Apakah Cocok ya buat saya melakukan?
  • Langkah - langkah apa saja yang bisa saya tempuh untuk dapat bisnis ini berjalan?, Dan Bagaimana Cara untuk menjalankan bisnis online ?
  • Berapa modal yang hasus saya keluarkan untuk memulainya ?
  • … dankemungkinan masih banyak pertanyaan - pertanyaan lainnya


Meskipun tidak ada suatu hal yang menjadi patokan pasti mengenai langkah-langkah apa yang sebenarnya harus dilakukan.
Berdasarkan pengetahuan dari saya serta banyak  informasi - informasi yang telah saya baca atau saya temukan mengenai cara dan peluang bisnis online, berikut ini saya akan memaparkan beberapa peluang  - peluang yang bisa anda terapkan untuk memulai bisnis online :
Ayoo...segera mulai bisnis ...


0 comments:

Post a Comment